We Keep You Moving

Rabu, 25 Mei 2016

Joint Play

Joint play adalah istilah yang digunakan dalam Manipulative Therapy untuk menggambarkan apa yang terjadi di dalam sendi ketika dilakukan gerakan translasi. Gerakan-gerakan tersebut dilakukan secara pasif oleh terapis pada saat pemeriksaan maupun terapi. Ada 3 macam joint play movement yaitu :
1. Traction / traksi
Apabila gerakan translasi tulang arahnya tegak lurus dan menjauhi bidang terapi, serta terjadi perenggangan permukaan sendi disebut traksi. Apabila gerakan tersebut tidak sampai menimbulkan perenggangan sendi disebut distraksi.
Traksi untuk mengurangi nyeri yaitu digunakan traksi grade I / traksi dalam grade II tetapi tidak sampai terjadi slack taken up. Traksi untuk mengurangi nyeri ini dilakukan pada resting position atau actual resting position.
Traksi untuk menambah mobilitas sendi yaitu digunakan traksi grade II untuk meregang jaringan yang memendek, menghambat gerakan dan dilakukan pada resting position atau actual resting position.

2. Compression / Kompresi
Apabila arah gerakan translasi tegak lurus terhadap dan ke arah bidang terapi, dan kedua permukaan sendi saling mendekat / menekan disebut kompresi. Apanila timbul nyeri akibat kompresi sendi, hal ini mengindikasikan adanya lesi sendi. Karena tes gerakan melawan tahanan juga dapat menimbulkan kompresi sendi maka kedua tes tersebut sebaiknya dilakukan secara terpisah, dan tes kompresi sebaiknya dilakukan sebelum tes melawan tahanan. Kompresi sendi dapat membantu membedakan antara lesi artikuler dan ekstra artikuler.

3. Translatoric Gliding
Apabila gerakan translasi yang terjadi paralel / sejajar dengan bidang terapi (bukan sejajar dengan permukaan sendi), dan menimbulkan geseran / luncuran antara kedua permukaan sendi translatoric gliding dan untuk selanjutnya hanya disebut gliding. Gerakan joint play ini dilakukan baik pada saat tes maupun terapi. Dalam melakukan gliding selalu disertai dengan grade I. Gliding yang mungkin terjadi pada sendi hanya kecil (jaraknya sangat pendek) karena kurva permukaan sendi tidak congruent dengan sempurna. Pada gambar dibawah, arah gliding digambarkan dengan 2 panah besar dan traksi grade I digambarkan dengan panah kecil.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

About

Entri Populer

Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Cedara Olahraga

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support